SOP Layanan PPID Pelaksana
Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Karenanya hak memperoleh informasi termasuk hak asasi manusia. Bahkan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik. Keterbukaan Informasi publik merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya sebagaimana diamanatkan dalan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi mengatur bahwa salah satu tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. Terkait dengan itu, PPID Pembantu Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah menetapkan Standar Operasional Prosedur layanan informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.
Dasar hukum :
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
- Perda Prov. Jateng No. 6 Tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah;
- Pergub No. 47 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No. 6 Tahun 2012 tentang Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah
Standart Operasional Prosedur (SOP)
- SOP PENYUSUNAN DIP : Lihat/Download
- SOP PERMOHONAN INFORMASI : Lihat/Download
- SOP UJI KONSEKUENSI : Lihat/Download
- SOP PENGELOLA KEBERATAN : Lihat/Download
- SOP PENYELESAIAN SENGKETA : Lihat/Download
- SOP PEMBUATAN BERITA : Lihat/Download
- SOP Maklumat Pelayanan Informasi Publik : Lihat/Download
- SOP TAHUN 2020 : Lihat/Download
- SOP TAHUN 2019 : Lihat/Download
- SOP Permohonan Informasi Publik Disabilitas : Lihat/Download